Friday, 23 May 2014

// // Leave a Comment

Gejala penyakit jantung dan pencegahannya

Gejala Penyakit Jantung
Gejala Penyakit Jantung
Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi kehidupan seorang manusia. Mengingat fungsi dari organ ini adalah memompa darah keseluruh tubuh, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Sedikit saja kinerja organ jantung dalam melaksanakan tugasnya, maka Anda harus bersikap waspada. Waspada bukan berarti takut. Anda perlu untuk mengkonsultasikan hal ini langsung kepada dokter. Anda juga bisa mengetahui gejala penyakit jantung secara pasti dapat menjadi salah satu bentuk antisipasi untuk lebih sehat. Bentuk antisipasi ini bisa dilakukan sebagai bentuk langkah penanganan cepat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Penyakit jantung tergolong merupakan penyakit kambuhan yang waktu kambuhnya bisa tidak terdeteksi. Hal ini berarti, setiap penderita penyakit jantung dapat secara tiba-tiba mendapat serangan rasa sakit dimana pun dan kapan pun. Penderita penyakit jantung setidaknya bisa melakukan penilaian kondisinya sendiri karena gejala penyakit jantung cenderung relatif mudah dikenali. Sehingga penderita dapat melakukan pencegahan dengan penanganan pertama yang tepat ketika penyakit ini datang menyerang. Gejalanya dapat berupa nyeri ringan hingga luar biasa dan rasa panas di sekitar dada (terutama di sebelah kiri), sakit kepala, sesak napas, keringat berlebih, nyeri pada lengan, dan disertai dengan rasa pegal dan tidak enak hampir di seluruh tubuh.


Gejala umum yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung diantaranya adalah perasaan nyeri di sekitar dada. Jika Anda pernah mengalami barang hanya sekali, akan sangat baik jika Anda mengkonsultasikannya pada ahli kesehatan sebelum tanda-tanda penyakit tersebut semakin parah. Gejala penyakit jantung ini tentunya bisa dicegah dengan beberapa cara alami selain mengandalkan obat-obatan dari dokter. Anda bisa melakukan olahraga rutin 30 menit perhari, kurangi konsumsi teh dan kopi, hindari stres, konsumsi buah dan sayur, dan hindari makanan berkolesterol. Berhenti merokok dan minum-minuman beralkohol juga merupakan cara yang ampuh untuk mencegah penyakit jantung.

Sebagai langkah pencegahan yang lain, Anda bisa mengendalikan pola makan yang berhubungan dengan berat badan Anda. Seseorang dengan berat badan berlebih dilansir lebih beresiko terkena penyakit jantung bahkan komplikasi lain seperti darah tinggi, stroke, diabetes melitus dan lain-lain. Gejala penyakit jantung ini juga bisa Anda hindari dengan mengontrol jumlah garam yang masuk ke tubuh Anda. Anda juga bisa mulai menghindari makanan-makanan cepat saji dan makanan instan agar kesehatan organ jantung Anda tetap terjaga.

Menerapkan pola hidup yang sehat merupakan kunci utama agar terbebas dari penyakit mematikan ini. Biasakanlah mengatur pola makan yang sehat dengan perbanyak konsumsi air putih agar kesehatan tubuh lebih terjaga. Dengan kebiasaan yang sehat ini, tentunya Anda akan terhindari dari gejala penyakit jantung. Sangatlah jelas bahwa melakukan pencegahan memang lebih baik daripada mengobati.

Kesimpulannya: Gejala penyakit jantung dapat berupa nyeri ringan hingga luar biasa dan rasa panas di sekitar dada (terutama di sebelah kiri),  sakit kepala, sesak napas, keringat berlebih dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment